Cara MENGATUR EQUALIZER MICROPHONE AGAR TERDENGAR LEBIH MENGGELEGAR

Gambar
Kontributor: Fahri Algifari Editor: Chito Laksilf Assalamualaikum Hello sobat BMT Pernahkah sobat merasa kurang puas dengan apa yang dihasilkan microphone yang sobat punya? Atau, sobat ingin menambah/mengurangi bass atau treble microphone yang sobat gunakan? Jika demikian, sobat sudah tepat berkunjung ke website dan tulisan ini. :) :) Dalam tulisan ini penulis menggunakan software voicemeeter pada operating system windows. Penulis asumsikan Sobat BMT sudah mengkonfigurasi input dan output serta settingan keseluruhan pada voicemeeter. Jika sudah di konfigurasi, mari kita beranjak ke inti tulisan. Note: Ikuti step by step tulisan ini agar tidak terjadi kesalahfahaman; Di sini penulis menggunakan screenReader NVDA. Jika Sobat BMT menggunakan screenReader selain NVDA, sesuaikan dengan screenReader yang sobat gunakan; Menurut yang pernah penulis coba, berhasil di windows 10/11 versi 21H1 dan yang lebih baru; Untuk windows versi sebelum 21H1, penulis belum bisa memasti

Eksklusif! BMT Bahas Tentang MarkDown

Penulis: Prima Agus Setiyawan Editor: Chito Laksilf.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Hai, Sobat BMT. Selamat hari ini. Di postingan ke sekian kali, saya akan sharing soal Markdown. Saya ingin sekali mencoba berbagi sedikit pengetahuan tentang MD code. Baca dengan seksama sampai selesai.

Apa itu Markdown?

Dilansir dari John Gruber pada tahun 2004. Harapannya, supaya mempermudah pembuat konten di web, blog, atau para penulis yang membuat buku, karya sastra, atau para perancang aplikasi dalam menulis dokumentasi.

Fungsi Markdown

Secara umum, fungsi Markdown, yaitu mempermudah para pembuat blog, penulis, maupun perancang aplikasi dalam menulis sebuah postingan di forum, atau di web/blog. Bila dibandingkan dengan HTML, Markdown lebih sederhana, kode tersebut mudah dihapal oleh orang awam yang gagap tekhnologi sekalipun. Bila divisualkan pada layar, kode Markdown mudah dibaca.
Secara akurasi, HTML menempati nomor 1 dalam bahasa pemrograman. Mayoritas situs, atau blog menggunakan HTML dalam menulis konten, atau dokumentasi.
Bila dilihat dari kacamata penulisan, kode HTML lebih susah dibaca, rumit bagi penulis pemula, bila divisualkan terlihat memusingkan. Maka dari itu, John Gruber membuat bahasa markup sederhana ini agar para penulis konten web/blog, atau para developer aplikasi, dan penulis pemula mudah dalam menulis konten-konten mereka, atau dokumentasi (read me), atau menulis buku, paper, proposal, dll.

Evisiensi Waktu, Tenaga, dan pikiran

Bila dilihat dari evisiensi waktu, para penulis konten, developer, juga penulis buku bisa menghemat waktunya. Dari awalnya dengan HTML bisa menguras waktu 1 sampai 2jam lebih, dengan MD code bisa menghemat waktu hanya setengah menit saja tergantung konten yang mau dibuat.

Dalam evisiensi tenaga dan pikiran, para penulis, developer, juga pembuat konten bisa menyisihkan tenaga untuk hal-hal yang lain. Contoh sederhana:

Sebagai penulis konten di blogABCD, Bang Bambang menggunakan MD code dalam menulis postingan-postingan segarnya setiap hari. Tak hanya itu, Bang Bambang bisa menyegarkan pikiran dan tenaganya untuk ide-ide selanjutnya. Sebelum menggunakan MD code, Bang Bambang sering kelelahan saat menulis kontennya. Beliau sering kehilangan kesempatan untuk menyegarkan pikiran juga menghemat tenaganya tiap pagi. Seperti membaca koran, minum kopi, mendengarkan radio, dll. Sekarang, dengan MD code, Bang Bambang bisa minum kopi, membaca koran, mendengarkan radio, dll.

Aplikasi Teks Editor Markdown

Diinternet banyak sekali aplikasi/software teks editor markdown berbagai platform, baik ponsel pintar seperti Android, dan Apple iOS, maupun perangkat komputer seperti Linux, Apple Macintosh PC (MAC),, dan Microsoft Windows. Selain platform, markdown editor ini juga ada yang berupa web apps. Maksudnya, aplikasi markdown editor ini bisa dibuka hanya dengan browser saja. Cukup dengan membuka browser, lalu cari situs markdown editor yang dikehendaki, tekan enter, lalu mulai menulis dengan MD code.

(1). Markdown Editor Perangkat Mobile

Saya hanya menyebutkan aplikasi markdown editor untuk perangkat mobile. Sobat BMT bisa mencari app tersebut dengan kata kunci markdown di Google Play Store (android) dan di Apple Apps Store (iOS).
Salah satu aplikasi markdown editor yang menjadi aplikasi nomor 1 adalah IA Writer. Sebelumnya, aplikasi satu ini sering digunakan oleh para pengguna iOS karena tampilannya sangat user friendly. Sejak 2010, IA Writer menjadi the best app dalam suatu majalah. Oleh karena itu, developer mulai merancang app yang sama, namun untuk platform yang berbeda. Selama beberapa tahun terakhir, aplikasi IA Writer sudah bisa diunduh untuk 3 platform, yaitu android, iOS, maupun Windows. Di aplikasi ini, kita bisa membuat catatan, buku, postingan blog/web, atau yang lain dengan mudah dan cepat. Ditambah lagi, aplikasi ini sudah mendukung Markdown.

Catatan:
Untuk versi gratis, fitur dari IA Writer tersebut terbatas. Apa bila Sobat BMT ingin sekali mendapatkan fitur yang full version, Sobat BMT bisa membayar 9.99$US. Sobat BMT bisa lihat di situs resminya.

(2). Markdown Editor untuk Komputer:

Bagi mereka yang berada di kantoran, sekolah, kampus, maupun lembaga instansi, pasti membutuhkan aplikasi editor teks yang bisa digunakan dalam mengerjakan tugas seperti paper, proposal, skripsi, tesis, desertasi, surat -menyurat, dll. Biasanya, semua kerjaan menggunakan Microsoft Office, terlebih Microsoft Word yang menjadi aplikasi yang sering digunakan.
Untuk pengguna laptop atau pc yang speknya rendah, pasti sudah uring-uringan ketika membuka Microsoft Office Word. Keluhan-keluhan yang paling sering ditemui para pengguna MS Word, yaitu lola (loading lama). Dalam mempelajari MS Word, tidak semuanya dipelajari 100%. Hanya sebagian saja yang seringdipelajari seperti pemformatan, layout, surat, formulir, dll.

Apakah MS Word mendukung markdown (md code)? Sayang, MS Word tidak mendukung format md code. Agar bisa mendukung md, dibutuhkan aplikasi/software lain yang mendukung markdown. Ada beberapa software markdown editor yang bisa digunakan untuk para pengguna pc.
Berikut ini saya sebutkan beberapa aplikasi markdown editor untuk pc secara acak. Karena di Windows, MAC, dan Linux banyak macamnya.

  1. IA Writer;
  2. Typora;
  3. Notable;
  4. Re-Note;
  5. Markdown Monster;
  6. Ghost Writer;
  7. Masih banyak lagi.

Bila diklasifikasi, IA Writer yang mendapat perolehan teratas dengan pesaingnya. Selain menempati juara unduhan terbanyak, IA Writer diunduh 3 platform, yakni android, iOS, dan windows. Typora menempati posisi kedua setelah IA Writer. Meski begitu, Typora tak kalah dengan IA Writer. Bahkan Typora memang menjadi aplikasi alternatif MS Word! Namun sayang, Typora memberlakukan gratis sampai Bulan Desember 2021 lalu. Di bulan tersebut, Typora memberlakukan purchase sekali bayar. Untuk pengguna free, hanya bisa menggunakan software tersebut selama 15 hari saja, serta maksimal 3 perangkat.
Bagaimana dengan Notable? Notable adalah markdown editor untuk perangkat Linux OS, sama halnya dengan Re-Note, dan Typora.
Terakhir, Ghost Writer dan Markdown Monster adalah markdown editor untuk Windows. Selain kedua app ini, adakah software selanjutnya? Ada beberapa software yang tidak saya masukkan ke dalam daftar, yaitu Markdown Pad. Markdown Pad ini spesial untuk Windows OS.

(3). Web Progressive App Markdown Editor

Tak hanya berupa software untuk android, iOS, MAC, dan Linux, di browser pun kita bisa melakukan eksperimen, atau membuat tugas dengan markdown editor berbasis web progressive app. Dari semua situs yang saya eksplor, terdapat 4 situs yang menjadi eksperimen saya dan keempat situs tersebut aksesibel. Berikut daftar 4 web app yang menjadi eksperimen markdown:

  • Markdown Live Preview:
    Situs Markdown Live Preview
    Sejak pertama saya membuka web app ini, saya disuguhi dengan tampilan web yang sederhana dan mudah dieksplor baik dengan pc maupun ponsel. Saat itu, browser yang saya gunakan adalah Google Chrome versi terbaru untuk android. Dalam kotak edit, terdapat kode sintaks seperti headings, emphasis, links, image, list, sampai dengan preformatted text. Untuk preformatted text, biasanya digunakan untuk inline semua aplikasi dan perintah tertentu. Yang satu ini para programmer yang paham betul tentang markdown yang berlevel tinggi (advance).
    Apa yang harus dipelajari pada Markdown Live Preview? Yang dipelajari adalah headings, emphasis, list, dan images. Hasil pratinjau dari kode-kode tersebut sama dengan HTML yang paling sering dipelajari setiap hari. Layaknya postingan blog, web, atau situs lainnya. Jadi, setelah menulis dengan markdown, hasilnya langsung ditampilkan di bawah kotak edit tampa menekan tombol ini dan itu.
    Pada tanggal 2 Agustus lalu, saya membuatkan review singkat sekaligus praktek langsung menggunakan web progressive app ini di Channel YouTube Akbar AP Kelana. Di akhir postingan ada link untuk menuju tutorialnya.
  • Dillinger
    Situs Dillinger
    Pada web app ini, kita bisa membuat, mengedit, mengekspor, mengimpor, hingga mempublikasikan dokumen berformat md ke blog kita. Di web ini juga, dijelaskan kode-kode markdown yang ada. Step selanjutnya, Sobat BMT eksplor sendiri. Selamat mencoba Dillinger ini.
  • Stack Edit:
    Stack Edit, Markdown Editor in Browser
    Saya tertarik dengan situs ini. Alasanya, menu-menunya bisa dibaca oleh TalkBack. Namun, kita harus merubah tampilan (display) dari mobile ke desktop terlebih dahulu, agar web progressive app tersebut berjalan dengan maksimal. Menariknya lagi, kita bisa menulis dengan offline tanpa menguras kuota internet kita! Hasil tulisan yang sudah kita buat tadi, bisa dibagikan melalui Dropbox, Google Drive, dll. Web app ini, tidak kalah dengan Dillinger.
    Oh iya, bila Sobat BMT ingin mencoba web progressivr app ini, bisa klik di sini.
    Tambahan, cookie harus diizinkan untuk web ini. peringatan, tidak digunakan melalui mode samaran atau incodnito mode!
  • Rentry Co:
    Situs rentry.co
    Situs ini cukup sederhana, dan bisa digunakan dengan muda. Cukup dengan mengetik atau Tempel hasil markdown kita. Kemudian, tekan tombol untuk melihat pratinjau tersebut. Hampir sama dengan Markdown Live Preview, bedanya di web rentry.co ada tombol preview-nya. Uniknya lagi, hasil pratinjau tersebut bisa diunduh dengan format pdf text! Menarik bukan? Pas banget bagi mereka yang mau mengirim karya dengan format pdf dengan rapih dan mudah dibaca.

Catatan:
Semua web tersebut aksesibel dan bisa Sobat BMT eksplor dengan browser di segala perangkat baik mobile, maupun pc.

Publishing Tool for Markdown:

Terakhir, alat publikasi markdown. Tidak semua web atau blog menggunakan markdown, hanya sedikit web atau blog yang memang murni menggunakannya, terlebih pada pembuatan konten. Tak lupa juga, alat tempur yang harus digunakan. Terlebih lagi pengetahuan soal MySQL, Apache, Sampai php.
Tambahan, server yang juga menjadi peralatan wajib, karena supaya web kita bisa deploy ke sana. Sistim operasi yang direkomendasikan para pembuat konten profesional adalah Linux. Selain open source, Linux sering dipakai programmer dalam mengelola server. Contohnya TeamTalk Public Server Indonesia (ID) tempat dimana kanal BMT ini berada,menggunakan Linux.
Apa saja web publishing tool yang sering digunakan para penulis konten? Berikut ini saya sebutkan 3 web publishing tool yang pas untuk markdown sekaligus situs resminya.

Tidak saya jelaskan semua karena ketiga web ini memang special bagi Sobat BMT yang sudah siap bekal memulai web dengan SSG Static Sites Generator. Untuk pemula, bisa mencoba menggunakan Mark Down Live Preview untuk belajar markdown secara online.
Bila Sobat BMT ingin membuat file md, bisa dengan aplikasi baik yang berbasis web, software yang gratis dan berbayar, juga lintas platform seperti Dillinger, Stack Edit, Rentry co, IA Writer, Ghost Writer, Notable, Renote, Typora, dll.

Untuk mempublikasikannya, sementara dengan blog biasa seperti Wordpress dan Medium. Bagi yang sudah level advance, bisa pakai Hugo, Jekyll, dan Ghost.

Tambahan:
Bagi Sobat BMT yang mau coba hal baru selain yang disebutkan, ada lagi tempat untuk eksplor markdown, yaitu dengan GitHub Pages.

Summary:

Berikut ini poin-poin ringkasan yang sudah disampaikan di atas:

  1. Markdown adalah bahasa markup yang ditulis pada text plain. Markdown dibuat oleh John Gruber pada tahun 2004.
  2. Secara fungsi, markdown (md code) mudah ditulis, dan mudah dibaca baik orang yang profesional, maupun orang yang awam sekalipun.
  3. Evisiensi waktu tenaga dan pikiran. Tepat sekali bagi para pembuat konten, penulis, maupun developer dalam menghemat waktu, tenaga, dan pikiran bila menggunakan markdown. Agar mereka bisa melakukan aktifitas di dunia nyata seperti bercengkrama dengan keluarga, minum kopi, menonton film, maupun aktifitas lainnya.
  4. Aplikasi khusus editor markdown dapat beragam. Dari yang gratis sampai yang berbayar, lalu lintas platform, hingga berbasis web progressive app.
  5. Alat publikasi yang mendukung para pembuat konten banyak jumlahnya. Namun, baru 3 alat publikasi yang tepat khususnya bagi mereka yang sudah mahir dalam bahasa pemrograman, paham betul dengan pengelolaan server, juga hal-hal yang wajib lainnya.

Penutup

Semua orang ingin sekali menulis di blog atau situs web mereka, tetapi tidak semua bisa mempelajari kode-kode yang serumit HTML. Solusi alternatif adalah menulis dengan markdown. Mudah ditulis, mudah dibaca, hasil tulisannya tidak kalah rapih dengan HTML!
Sobat BMT bisa mencoba masing-masing app di atas sesuai kemampuan. Harapannya, semua Sobat BMT bisa menulis dengan markdown terlebih dalam membuat konten di situs/blog yang Sobat BMT kelola. Semoga bermanfaat.
Bagi Sobat BMT yang mau memberikan masukan, kritik, saran, atau yang lainnya, bisa ke kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga komentar, kritik, saran, juga masukan sangat berarti bagi saya sebagai penulis di web ini.

Tambahan:
Bagi yang penasaran dengan review + praktek Markdown di YouTube, bisa ke sini!

Review singkat + praktek Markdown, metode simple dalam dunia blog. By Prima Agus Setiyawan. Long Post

Akhir kata, mohon maaf apa bila ada kekurangan dalam penjelasan, dan kepenulisan. Apa bila ada yang menginspirasi, semua ini karena Tuhan (Allah Subhanahu Wata'ala) Yang Maha Esa semata. Terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Daftar Refrensi:

  1. Markdown by John Gruber;
  2. Wikipedia;
  3. Markdown Guide;
  4. Jekyll;
  5. Hugo;
  6. Ghost;
  7. Typora;
  8. IA Writer;
  9. Stack Edit;
  10. Dillinger

Komentar